Friday, July 7, 2017

4 Penyebab Dan Cara Ampuh Mengatasi android Lag



Genggam IT - Android menjadi platform yang tren di era modern kini.Tak hanya kecanggihan yang menjadikan android ini populer dan diminati oleh masyarakat,akan tetapi para developer pembuat aplikasi dan games pun berlomba lomba dalam mengembangkan aplikasi berbasis Sistem operasi android ini.

Ternyata dibalik kecanggihan tersebut, android juga ada kelemahan tentunya,terutama yang kerap sobat alami termasuk saya, tak lain yaitu Lag.

Yapss, lag ini udah jadi hal yang biasa di kalangan kita.
Nah jika Gadget sobat sering banget lag, Kenali Penyebabnya dibawah ini:

1. Penggunaan Wallpaper Animasi

Pasti sobat pernah atau memang memakai wallpaper animasi ini untuk mempercantik tampilan android sobat bukan? Nah ternyata dibalik keren dan cantiknya wallpaper animasi ini , juga berdampak pada lag loh sob.

Loh Kok bisa? seperti di artikel sebelumnya tentang Penyebab baterai android .Wallpaper animasi ini juga bukan hanya membuat baterai cepat boros, tetapi juga bikin android sobat lag.

Pasalnya si wallpaper animasi ini menguras kapasitas RAM kita di latar belakang.

So, udah tahu kan penyebab ke 1 nya kenapa?

baca juga 9 Aplikasi Launcher Android Terbaik Dan Ringan

2. Cache ( Sampah ) Di gadget sobat menumpuk

Tau sampah kan ?? bukan hanya di kehidupan nyata aja sob, di android pun ada cache / sampah. Nah hal ini kerap diabaikan,padahal cache ini selain membuat android lag juga membuat kapasitas memori kita menipis.

Sobat bisa menghapus cache ini dengan menggunakan aplikasi pembersih cache, untuk aplikasi nya bisa
dilihat 

di artikel 4 aplikasi ampuh penghapus cache android.

3. Menggunakan Aplikasi Secara Bersamaan ( Multitasking )


Penyebab yang ke - 3 ini, memang hal yang sering terjadi. Hayo ngaku sering kan gunain aplikasi secara bersamaan? padahal bukan berdampak pada lag saja loh , hal itu juga berdampak pada baterai sobat.

Nah penggunaan multitasking ini cukup ampuh loh kalo bikin hp sobat lag, misalnya nih saya buka aplikasi instagram, lalu ada notif pesan lalu buka pesan, terus buka WA, Bosen lalu buka lagi applikasi lainnya.

Nah secara gak langsung si aplikasi yang dari awal kita buka itu memakan RAM android kita yang berdampak jadi hp kita lag.

So , bijak bijaklah dalam penggunaannya ya..

4. Banyak Aplikasi Terinstall

Penyebab yang terakhir dan hal yang paling banyak orang lakuin yaitu Banyaknya aplikasi yang terinstal di hp, Aplikasi yang terinstal itu memakan RAM dan kalo aplikasi yang diinstal banyak otomatis si RAM ini sesek alias penuh, dan menyebabkan si android kita lag.

Nah udah tau kan penyebabnya?

sekarang kita langsung ke Cara Mengatasi Android Yang Sering Lag

1.  Sebisa Mungkin Hindari Wallpaper Animasi

Jika sobat keberatan ,gunain wallpaper biasa.

Dan jika sobat kepengen tampilan HP nya lebih cantik selain menggunakan wallpaper animasi bisa dilihat artikelnya disini ( Update )

2.  Selalu rutin hapus cache di android sobat


Nah jika gak mau ribet hapus cache secara berkala, sobat bisa menggunakan aplikasi penghapus cache terbaik bisa dilihat disini ( Update)

3. Sebisa mungkin sobat batasi penggunaan multitasking.


Untuk hal ini mungkin agak susah karena menjadi kebiasaan,tetapi belajar lah perlahan dan gunain aplikasi dengan bijak ya sob.

4. Hapus aplikasi yang menurut sobat tidak / kurang penting


Hapus aplikasi yang kurang penting di hp sobat, misalnya aplikasi kamera ada 3 ,  nah bisa hapus 1 aplikasi kamera dan sisain dua atau jika mau sobat bisa hapus keduanya dan hanya aplikasi kamera bawaan sobat.

Itulah tips dari saya kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di lain waktu

Gunakanlah bahasa yang sopan , karena bahasa mencerminkan diri anda sebenarnya :)
EmoticonEmoticon